Ringkasan Khotbah 

Tanggal 27 Agustus 2017

Tema  :  " Kuasa Roh Kudus adalah Kunci Kesuksesan Orang Percaya "

Oleh   :  Pdt. Salmon Koritelu - Banyuwangi

Ayat Pokok  :  Zakaria 4 : 1 - 6

Kitab Zakaria dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu :

1. Zakaria pasal 1 sampai pasal 8 berbicara tentang penglihatan nabi Zakaria

2. Zakaria passal 9 sampai pasal 14 berbicara tentang kedatangan Mesias yang tidak lama lagi.

Nabi Zakaria diijinkan Tuhan diijinkan Tuhan untuk menerima suatu penglihatan yang menakjubkan. Nabi Zakaria melihat ada dua kandil emas yang berhiaskan pohon zaitun, yang satu disebelah kanan dan yang satu disebelah kiri. Kandil/pelita emas akan menjadi suatu perabot yang tidak akan berfungsi jika tidak ada minyak didalamnya.Jika ada minyak di dalam kandil itu maka kandil itu akan berfungsi dengan baik dan berguna untuk menyinari disekitarnya.

Sama halnya dengan Gereja Tuhan, jika tidak ada Roh Allah didalam Gereja Tuhan maka Gereja Tuhan itu tidak akan membawa dampak bagi sekitarnya, Gereja Tuhan membutuhkan Roh Allah didalamnya. Gereja Tuhan tidak bisa dilepaskan dari Roh Tuhan.

Pada awalnya, nabi Zakaria tidak mengerti apa arti dari penglihatan tersebut tapi ada malaikat Tuhan yang diutus Tuhan untuk mengartikan penglihatan dari nabi Zakaria.

Ada 3 garis kehidupan dari penglihatan nabi Zakaria:

1. Zakaria 4 : 6 - bukan dengan keperkasaan.

Keperkasaan adalah kekuatan beberapa orang yang disatukan.

Hakim-hakim 7 : 1 - 7 - Saat Gideon hendak berperang melawan orang Midian, Gideon membawa 32.000 pasukan. Tuhan berkata kepada Gideon bahwa pasukannya terlalu banyak sehingga Tuhan menyruh Gideon untuk menyaring pasukannya, karena Tuhan tidak menghendaki adanya kesombongan. Gideon menyaring pasukannya dari 32.000 menjadi 10.000, karena 22.000 orang disuruh pulang karena mereka takut. Didalam anak Tuhan tidak ada roh ketakutan. Roh yang ada dalam diri anak Tuhan lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia ini sehingga kita tidak perlu takut karena kita akan keluar sebagai pemenang.Jangan membesarkan masalah karena Tuhan kita lebih besar dari masalah yang kita alami. Tetap andalkan Tuhan maka Tuhan akan membela kita.

Dari 10.000, Tuhan berkata masih terlalu banyak, lalu Gideon menyaring lagi dengan melihat cara mereka minum air dan dari hasil penyaringan itu tinggal 300 orang. Orang yang langsung minum air dari sungai menggambarkan orang yang tidak tahu menghormati dan menghargai Firman Tuhan dan orang-orang yang berlutut dan minum air dari tangannya menggambarkan orang-orang yang tahu menghormati dan menghargai Firman Allah. Perkaya hidup kita dengan Firman Allah maka kita akan kuat menghadapi segala kenyataan dalam hidup ini.

II Samuel 24 : 1 - 2 - Daud menghitung jumlah orang-orangnya yang siap untuk berperang. Hal ini menunjukkan kesombongan Daud dan Tuhan tidak senang.Kesombongan sama dengan merampas kemuliaan Allah.

2. Zakaria 4 : 6 - Bukan dengan kekuatan.

Kekuatan berbicara tentang keberanian individu.

Filipi 4 : 13 - Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Kekuatan kita ada di dalam Yesus.

Ayub 9 : 19 - Jika mengenai kekuatan tenaga, Dialah yang mempunyai! Jika mengenai keadilan, siapa dapat menggugat Dia?

Kekuatan dan tenaga kita adalah milik Tuhan.

Yesaya 40 : 29 - 31 - Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Tuhan akan memberikan kekuatan bagi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan.

Firman Allah adalah kekuatan kita untuk menghadapi setiap masalah.

3. Zakaria 4 : 6 - Melainkan hanya karena Roh Allah segala perkara boleh jadi.

Iman tumbuh saat kita mendengar Firman Allah yang diurapi oleh Roh Kudus. Roh Kudus akan memampukan kita untuk kuat berdiri dan bertahan sampai kita bertemu dengan Yesus

Dalam hidup ini, kita memerlukan Tuhan dan Roh Kudus untuk memampukan kita dan memberi kita kekuatan sehingga kita bisa menjalani hidup yang ada di dunia ini dan kita akan keluar sebagai pemenang.

AMIN